Minggu, 11 April 2010

Penyu lekang

DENPASAR—ProFauna Bali bersama masyarakat setempat dan para turis melakukan http://static.zooomr.com/images/5619765_11da32051e_m.jpg
pelepasan tukik dari telur penyu Lekang di Pantai Kuta, Rabu (23/4). Selain itu, karyawan hotel Kuta Sea View yang memperingati Hari Bumi dengan acara bersih-bersih pantai juga turut dalam pelepasan tukik ini.

Telur penyu tersebut menetas di waktu pagi pada hari yang sama. Telur tersebut berasal dari sarang penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) yang bertelur, Senin (3/3). "Dari 112 butir telur yang menetas, sebanyak 81 ekor tukik dilepaskan ke laut.", menurut Koordinator Kantor ProFauna Bali, I Wayan Wiradnyana.

Kegiatan yang telah berlangsung bertahun-tahun ini mulai mengubah citra Bali yang dulu dikenal sebagai pusat pembantaian penyu (terpusat di Tanjung Benoa), menjadi daerah yang memiliki kepedulian tinggi terhadap program perlindungan penyu. Salah satu contoh nyatanya adalah masyarakat Pantai Kuta ini. Tanpa bayaran, mereka bekerja dengan sepenuh hati untuk melindungi penyu yang mendarat di Pantai Kuta.

2 komentar: